Ini Saat Terbaik Melihat Komodo Saat Berwisata ke Labuan Bajo NTT

A male Komodo Dragon detecting his prey in Komodo National Park. Photo taken by Komodo Trekker Guide

KLIKLABUANBAJO.ID — Memilih berwisata ke Labuan Bajo NTT tentu bertujuan utama untuk menyaksikan hewan purba Komodo.

Tetapi tidak setiap saat turis dapat menyaksikan saat-saat Komodo bermain lepas, dan menyaksikannya sedang berburu mangsa.

Kesaksian Aloysius Suhartim Karya Lois, seorang pramuwisata profesional yang sangat terkenal di Labuan Bajo dapat menjadi referensi bagi para wisatawan.

Loys, demikian ia biasa disapa perna menjadi seorang pawang Komodo atau Park Ranger selama dua tahun. Tepatnya di Loh Buaya Pulau Rinca Taman Nasional Komodo.

“Saya mengetahui waktu yang terbaik untuk melihat Komodo. Sehingga dalam pelesiran wisata hari tadi, saya menjadwalkannya pada sore hari,” demikian kisah Lois diceritakan di akun media sosialnya.

Dijelaskannya, pada waktu sore hari Komodo lebih aktif, yakni antara Pukul 15.00 wita sampai Pukul 17.00 WITA.

“Pada saat Komodo aktif, besar peluang bagi kita pengunjung untuk melihat Komodo bereaksi seperti jalan, berburu, mengintimidasi wisatawan, makan, berkelahi ataupun kawin,” demikian Lois.

A male Komodo Dragon detecting his prey in Komodo National Park. We have lucky time to met him in the jungle

Lois mengisahkan pekan lalu ia mengantar tamu asing, dan berhasil menemukan lima ekor Komodo Dragon. Tiga di antaranya berjenis kelamin jantan dan sisanya betina.

“Kelimanya cukup aktif dan yang paling aktif diantaranya seekor Komodo jantan yang frustasi karena tidak berhasil menjebak rusa di area kubangan di hutan asam,” cerita Lois.

Namun Trik kamuflase Komodo itu terdeteksi oleh sekawanan rusa yang kehausan dan sedang menanti waktu yang tepat untuk bisa minum air kubangan.

“Mereka seketika lari melesat ke hutan saat mengetahui seekor Komodo jantan berbaring seperti sebatang kayu kering di pinggir kubangan,” kata Lois.

Karena gagal, Komodo jantan itu pun tampak marah dan mungkin juga kesal. Hal itu terlihat dari cara ia bergerak, jalan dengan cepat mengelilingi kubangan sambil menjulurkan lidahnya yang bercabang dua dengan cepat juga.

“Sepertinya, ia mencoba untuk memastikan bahwa mangsanya beruntung dan jebakan kamuflasenya sedikit tidak rapih,” cerita Lois.

Sangat beruntung, Lois dan tamunya dapat mengamati peristiwa luar biasa ini dari jarak ratusan meter.

“Ini sebuah pengalaman yang istimewa. Saya pun langsung memotret peristiwa itu sebagai evidensi faktual dari The Jurassic Park of Komodo,” kata Lois.

Trekker, search for endemic birds and Komodo Dragon ta Loh Liang, Komodo island

Lois juga membagikan beberapa foto Komodo dengan hasil jepretan yang nyata dan bersih. Memperlihatkan wajah tenang dan sangar Komodo.

Apakah Anda ingin dapatkan pengalaman wisata serupa atau yang lebih seru sekaligus serem lagi?

“Booking paket wisata anda segera, bersama tour operator lokal PT. Komodo Trekker Indonesia,” demikian Lois menutup sharing di akun media sosial Facebooknya.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Scroll to Top
WhatsApp chat